Wisata Banyuwangi

Tour & Travel

Objek wisata yang akan dikunjungi

Bali memang mempesona. Namun, tahukah kalian kalau daerah lain di sekitarnya juga tidak kalah menarik dan indah? Banyuwangi adalah salah satu contoh lokasi yang pantas dipertimbangkan sebagai tempat wisata kalian berikutnya.

Tidak ada salahnya bila kalian menghabiskan waktu di Banyuwangi selama beberapa hari untuk menikmati spot-spot wisata luar biasa yang bisa dikatakan keindahannya tidak kalah dengan Bali. Mulai dari pantai, gunung hingga savana-nya, dijamin akan membuat kalian menganga karena kagum.

Bagi para Instagrammer, Banyuwangi adalah one-spot-on-earth-you-can-not-miss, lho! Tidak percaya? Sepuluh tempat wisata Banyuwangi ini akan menunjukkan mengapa destinasi wisata ini tidak kalah dari Bali!

KAWAH IJEN

Kawah Ijen Banyuwangi merupakan salah satu destinasi populer di kalangan wisatawan. Pemandangan yang indah dan udara yang sejuk menjadi salah satu penarik banyak orang mengunjungi tempat ini. Apalagi dengan adanya fenomena Blue Fire yang sangat hanya ada 2 di dunia. Fenomena Blue Fire inilah yang mengangkat nama Kawah Ijen menjadi begitu terkenal, bahkan hingga ke luar negeri. Blue Fire atau api biru ini muncul dari belerang pada saat hari sudah gelap. Kamu tidak bisa melihat fenomena Blue Fire ini selain di Kawah Ijen dan di Islandia.

JAWATAN BENCULUK

Jawatan Benculuk Banyuwangi merupakan sebuah bangunan tua yang dulunya digunakan untuk pengelolaan Transportasi Kereta Api. Namun, saat ini wisata Jawatan sudah beralih fungsi sebagai tempat wisata. Jawatan Benculuk selain difungsikan sebagai tempat wisata juga difungsikan sebagai area resapan air dan penimbun kayu jati yang berkualitas yang dikelola oleh Perhutani Banyuwangi. Saat yang tepat apabila ingin menikmati semilir angin yang sejuk dan panorama alam Jawatan adalah pada sore hari. Karena pada sore hari sinar matahari yang menerobos masuk melalui celah-celah pepohonan menjadikan tempat ini tampak menakjubkan.

TAMAN NASIONAL BALURAN

Taman nasional adalah sebuah kawasan yang digunakan khusus untuk melindungi berbagai macam ekosistem flora dan fauna. Di banyuwangi, kurang lebih ada 3 taman nasional yang berdiri dan dijadikan sebagai objek wisata unggulan. Salah satunya adalah Taman nasional Baluran yang mendapatkan julukan sebagai little Africa ini Java. Disini, kita bisa melhat hewan-hewan yang dilindungi seperti banteng, kerbau, rusa, kera berekor panjang.

BANGSRING UNDERWATER

Pantai yang memiliki luas sekitar 15 hektar ini juga digunakan sebagai area konservasi terumbu karang. Untuk bisa menikmati keindahan panorama bawah laut pantai ini, Anda tak perlu menyelam terlalu dalam. Dengan adanya kegiatan snorkeling yang dilakukan didalam air laut, wisata Bangsring Banyuwangi juga dikenal dengan sebutan “Bunder” yang merupakan singkatan dari Bangsring Under Water. Pesonanya pun juga tak kalah hebat dengan tempat snorkeling di lain tempat.

PANTAI PULAU MERAH

Daerah Banyuwangi terkenal akan wisata pantainya. Nah, salah satu yang terkenal adalah Pulau MerahBanyuwangi . Pulau Merah Banyuwangi ini identik dengan bukit kecil yang berada di dekat bibir pantai. Bila air tengah surut, maka para pengunjung dapat berjalan kaki dan mengunjungi bukit tersebut.

DESA ADAT OSING KEMIREN

Desa Kemiren memiliki daya tarik wisata yang tergolong unik. Desa ini dihuni oleh suku asli Kota Banyuwangi yaitu Osing. Kemiren dapat dikatakan sebagai jiwa dari Suku Osing di Banyuwangi. Desa ini masih memegang teguh adat tradisi dan budaya lokal yang mereka bawa dari sesepuh terdahulu. Desa Kemiren mempunyai Maestro Gandrung Banyuwangi tertua yang masih menjalanakan pakem-pakem Gandrung sampai saat ini yang bernama Gandrung Temu Misti. Desa ini juga memiliki Kesenian Barong asli Osing Banyuwangi yang berumur ratusan tahun dan masih diyakini oleh masyarakat setempat sebagai Kesenian Barong yang masih mengandung unsur mistis.