Wisata Lombok

Tour & Travel

Objek wisata yang akan dikunjungi

Lombok merupakan alternatif destinasi wisata populer di Indonesia Tengah, cocok untuk yang ingin mencari tempat wisata seindah Bali, namun relatif lebih sepi. Selain memiliki pemandangan indah, Lombok juga menawarkan wisata pantai, budaya, sejarah, hingga kuliner. Mau tau apa saja tempat wisata di Lombok yang paling oke? Berikut daftar ulasan 15 tempat wisata yang paling direkomendasikan di pulau indah ini.

Pantai Kuta

Pantai Kuta di Lombok berbeda dengan Pantai Kuta di Bali, karena relatif masih bersih dan lebih sepi. Berlokasi di Desa Kuta di Lombok Tengah, pantai indah ini kerap menjadi salah satu tujuan pertama bagi wisatawan yang baru mendarat di Bandara Internasional Lombok. Pantai ini menawarkan pasir lembut, ombak yang cocok untuk belajar berselancar, serta pemandangan bawah laut yang indah.

Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan berlokasi cukup dekat dengan Pantai Kuta dan Selong Belanak, sehingga bisa dikunjungi sekaligus dalam sehari. Tempat wisata di Lombok ini juga bersih dan menawarkan ombak lembut, tetapi karakteristik pasirnya lebih mirip butiran merica. Terdapat beberapa tonjolan bebatuan dan formasi karang, namun secara keseluruhan, pantai ini cukup ramah pengunjung dan cocok untuk peselancar pemula.

Desa Adat Suku Sasak Sade

Dusun Sade adalah hunian Suku Sasak yang berlokasi di Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, dan terkenal dengan penduduk yang masih mempertahankan berbagai aspek budaya tradisional mereka sejak sekitar enam abad silam. Penduduk desa ini masih tinggal di rumah-rumah tradisional beratap alang-alang, lengkap dengan dinding anyaman dan bambu serta kayu sebagai penunjang.

Pantai Senggigi

Senggigi adalah salah satu pantai terpopuler di Lombok. Berlokasi di Lombok Barat, tempat wisata di Lombok yang satu ini terletak tidak jauh dari Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air, yaitu tiga pulau kecil paling terkenal di lepas pantai Lombok. Pantai Senggigi memiliki pasir lembut serta air biru kehijauan yang cukup jernih. Pantainya yang dangkal serta formasi terumbu karangnya yang unik membuatnya populer untuk snorkeling.

Gili Trawangan, Gili Air, Gili Meno

Lombok memiliki pulau-pulau kecil (gili) di area lepas pantainya, namun tiga yang paling terkenal adalah Gili Trawangan, Air, dan Meno. Ketiga gili ini memiliki lokasi yang berdekatan, sehingga sering dijadikan tujuan wisata keliling pulau kilat (island hopping). Gili Trawangan adalah gili terbesar, sedangkan Gili Meno adalah yang paling sepi sekaligus asri.

Gili Nanggu

Gili Nanggu adalah salah satu gili terkecil yang tidak berpenghuni di lepas pantai Lombok. Pasir putih dan panorama bawah airnya membuat tempat wisata di Lombok ini terkenal sebagai tempat berkemah, snorkeling, dan menyelam. Perairan di pulau kecil ini relatif jernih, dan banyak dihuni ikan tropis. Pelancong bisa membawa potongan kecil roti dalam botol bekas untuk memberi makan ikan.

Gili Layar

Gili Layar adalah pulau kecil tidak berpenghuni yang mirip dengan Gili Nanggu. Selain pasir putih dan perairan jernih, Gili Layar menawarkan panorama terumbu karang tropis yang masih relatif utuh. Ada juga formasi karang kebiruan langka yang disebut “blue coral”. Jenis karang ini hanya bisa ditemukan di dua tempat, yaitu Lombok dan Kepulauan Karibia.

Taman Narmada

Berlokasi di Kecamatan Narmada, Lombok Barat, Taman Narmada merupakan peninggalan Anak Agung Ngurah Karang Asem, raja Mataram Lombok dari abad ke-18. Tempat wisata di Lombok ini dulu berfungsi sebagai tempat peristirahatan sekaligus lokasi ritual, dan kini dibuka untuk umum setelah melalui beberapa proyek pemugaran. Kondisi taman ini sangat rapi dan terawat, mirip dengan taman keluarga kerajaan di Karangasem, Bali.

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani adalah puncak tertinggi ketiga di antara Tujuh Puncak Tertinggi (Seven Summits) di Indonesia, serta merupakan taman nasional. Gunung ini populer sebagai area pendakian sepanjang bulan Juni, Juli, dan Agustus. Ada banyak hal yang bisa dilihat di tempat wisata di Lombok yang satu ini walau Anda tidak mendaki hingga puncak.

Kerajinan Gerabah Banyumulek

Kalau Jogja punya Kasongan, Lombok punya Banyumulek. Di sini kamu bisa menemukan berbagai macam kerajinan dari tanah liat mulai dari asbak hingga guci. Saat kami datang kesini, ada beberapa turis asing dengan guide-nya. Tak cuma lihat-pilih-belanja, ada juga yang bikin sendiri loh dengan memberi upah ibu-ibu pengrajin seikhlasnya.

Kuliner Ayam Taliwang

Ayam Taliwang merupakan salah satu makanan khas Lombok yang harus dicoba. Kuliner Lombok yang populer ini memiliki cita rasa gurih dan lumayan pedas. Selain itu jenis ayam yang dipilih adalah ayam kampung yang masih berusia 3- 4 bulan. Tak bisa dipungkiri lagi bagaimana empuk dan nikmatnya kuliner yang satu ini.